Shisen garden: tinggalkan MP3, sambut OGG (part I)

Kami mengundang Anda untuk memberikan komentar maupun pertanyaan di setiap artikel. Bila Anda tertarik, kami dengan senang hati menyambut Anda menjadi salah satu penulis kami.

Monday 8 December 2008

tinggalkan MP3, sambut OGG (part I)

MP3 memiliki keunggulan sebagai berikut: kualitas suara tinggi dan ukuran file-nya kecil. Sekarang kuperkenalkan yang ukuran file-nya lebih kecil daripada mp3, dan kualitas suaranya jauh lebih tinggi daripada mp3. Selamat datang OGG.

OGG adalah file audio terkompres, begitu juga dengan mp3. Apa bedanya? Sebelum itu akan kujelaskan apa itu file audio terkompres. Pernahkah kalian melihat cd audio? Itu, yang isinya cuma lagu doang tanpa gambar, dan jumlah lagunya hanya sekitar belasan. Kalau dibandingkan dengan cd mp3 yang dijual di kaki lima, jumlah lagunya memang terlalu sedikit. Kenapa?

Sederhana, karena lagu-lagu di cd audio sangat makan tempat. Berapa ukuran mp3 per lagunya? sekitar 5 MB. Kalau cd audio? lebih dari 50 MB per lagunya, keliatan bedanya, kan? Ini terjadi karena file cd audio tersebut tidak terkompres, mencatat dengan lengkap setiap gelombang suara yang tertangkap saat proses rekaman, dari yang kedengaran manusia sampai yang tidak, jadilah file yang berkualitas tinggi, dan boros tempat.

Sebaliknya mp3, kenapa ukurannya ringan? karena telah dikompres, artinya bagian-bagian gelombang suara yang tidak terdengar telinga manusia telah dibuang. Hasilnya adalah file audio yang enteng. Tapi, seberapa banyak gelombang suara yang harus dibuang? Bukankah telinga setiap manusia kepekaannya berbeda?

Ya, begitulah. Dan karenanya muncul istilah "bit rate". Coba perhatikan mp3 yang ada di kompi kalian, melihat ada tulisan bitrate? Ada yang 54 kbps, 64 kbps, 128 kbps, 320 kbps. Itulah yang menentukan seberapa besar pemenggalan pada gelombang suara. Intinya begini, semakin besar bitrate, semakin banyak informasi gelombang suara yang dapat dicatat, semakin tinggi kualitas suaranya, dan karenanya semakin besar ukuran file audionya. Sehingga, jika kalian menginginkan file audio yang berukuran kecil, bitratenya harus sekecil mungkin (I tell you, di sinilah letak keunggulan OGG).

Sudah tahu apa itu audio kompresi, sudah tahu apa itu bitrate, sudah tahu apa hubungannya dengan kualitas dan ukuran. Lalu apa keunggulan OGG dibanding mp3? Hahah, lanjut ke pelajaran berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Komentar, pertanyaan, dan saran

Valuebux!