Shisen garden: Watch the World ~ Februari

Kami mengundang Anda untuk memberikan komentar maupun pertanyaan di setiap artikel. Bila Anda tertarik, kami dengan senang hati menyambut Anda menjadi salah satu penulis kami.

Tuesday 28 April 2009

Watch the World ~ Februari


Sekelompok astronom yang menggunakan teleskop Subaru dan Keck di Mauna Kea [Hawaii] telah menemukan filamen tiga dimensi berupa galaksi-galaksi raksasa yang luasnya mencapai 200 juta tahun cahaya." Filamen-filamen ini membentuk struktur terbesar yang diketahui dan pernah ditemukan. - SUBARU TELESCOPE WEB SITE, JEPANG.

Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan bahwa "jumlah perkawinan [di Inggris dan Wales] pada tahun 2006 mencapai titik terendah selama 110 tahun terakhir. Semakin banyak pasangan yang lebih memilih untuk hidup bersama tanpa menika". - THE GUARDIAN WEEKLY, INGGRIS.

Menurut Pew Forum Religion and Public Life, "44% orang dewasa telah berganti agama, dari tidak beragama menjadi pemeluk kepercayaan tertentu, atau sama sekali memutuskan hubungan dengan tradisi keagamaan tertentu." - AS




Perguruan Tinggi dan "Kencan" Seks
"Kecuali beberapa perguruan tinggi evanelis ... ada sedikit saja perbedaan antara perguruan tinggi negeri, swasta, dan Katolik dalam hal 'budaya kencan' yang sudah tren di kampus - gaya hidup yang dijalani para mahasiswa untuk mencari pengalaman seksual dengan berganti-ganti pasangan." Demikian kata Donna Freitas, teolog Katolik dan asisten dosen, setelah melakukan penelitian atas perilaku seksual dan agama di kalangan perguruan tinggi di Amerika. Menurut National Catholic Reporter, Freitas mengatakan bahwa kurangnya pengaruh agama atas norma-norma di bidang seks tidak hanya menyingkapkan "kuatnya budaya kencan di kalangan perguruan tinggi", tetapi juga "ketidakmampuan agama dalam mengatasi pengaruh gaya hidup ini".

Orang Tua Dibayar untuk Membesarkan Anak Perempuan
Pemerintah India menawarkan imbalan hampir senilai 3.000 dolar (AS) kepada orang tua yang miskin untuk membesarkan anak-anak perempuan, lapor BBC News. Keluarga akan menerima uang tunai sejak sang putri lahir sampai ia berusia 18 tahun. Meskipun seleksi jender dan aborsi selektif dilarangkan hukum pada tahun 1994, hal itu masih dilakukan di mana-mana. Kenyataannya, lebih dari 20 tahun yang lalu, aborsi diperkirakan merenggut kehidupan sekitar 10 juta janin perempuan, sehingga menimbulkan dampak yang serius terhadap keseimbangan jumlah pria dan wanita di berbagai tempat. Menurut sensus pada tahun 2001, di seluruh negeri ada 927 anak perempuan berbanding 1.000 anak laki-laki di bawah usia enam tahun dan kesenjangannya semakin besar. Di salah satu bagian dari negeri ini, rasio angka kelahirannya adalah 793 bayi perempuan berbanding 1.000 bayi laki-laki.

Reaksi Burung terhadap Kebisingan
Sejumlah burung berupaya keras agar kicauan mereka terdengar di tengah-tengah keramaian kota. Jika kebisingan kota bisa jadi menyusahkan manusia, hal itu merupakan soal "hidup dan mati" bagi burung, kata majalah New Scientist, karena si jantan bernyanyi untuk "menarik perhatian pasangannya dan menandai wilayahnya". Karena kebisingan kota lebih keras pada frekuensi rendah, burung-burung tertentu membuat kicauan mereka terdengar dengan bernyanyi pada malam hari atau meningkatkan volume atau meninggikan nada. Penyesuaian ini tidak hanya dilakukan oleh burung-burung yang tinggal di kota, kata majalah itu. Burung-burung yang tinggal dekat "air terjun dan aliran deras sungai juga bernyanyi dengan frekuensi tinggi".

No comments:

Post a Comment

Komentar, pertanyaan, dan saran

Valuebux!